Kubangdeleg – Terpilih menjadi Ketua Karang Taruna (Katar) Pawana Kubangdeleg, Andri Al-Fauzi sampaikan 3 hal yang akan menjadi prioritas organisasi. 3 hal itu disampaikannya ketika menemui penulis di dekat kediamannya di Dusun 2 Blok Wage.

“Jadi, dalam kepengurusan Karang Taruna kali ini, saya akan berusaha fokus terhadap 3 hal. Pertama administrasi, kedua keanggotaan dan terakhir program,” ujarnya.

3 hal itu menurutnya harus mulai dibangun di kepengurusan Karang Taruna sekarang. Sebab sebelumnya, 3 hal itu masih belum terlalu diperhatikan sehingga penyelenggaraan organisasi dirasa belum optimal.

“Dalam urusan administrasi, saya akan membereskan soal surat menyurat, soal data-data organisasi, manajemen pemasukan dan pengeluaran keuangan dan sebagainya,” lanjutnya.

“Adapun dalam urusan keanggotaan, saya butuh 50 anggota yang nantinya akan dibagi tugas untuk menempati divisi-divisi yang sudah dibentuk. Baik divisi internal atau eksternal,” kata dia.

Dalam urusan keanggotaan, dia juga berencana untuk melibatkan kaum perempuan dan para pemuda yang usianya masih sekolah atau kuliah. Tujuannya tidak lain supaya organisasi bisa berjalan aktif dan mampu menjalankan program kerja dengan baik.

“Selama ini, mayoritas anggota Karang Taruna adalah orang-orang yang sudah bekerja atau bahkan merantau. Sebetulnya tidak masalah, tetapi untuk kepentingan organisasi, kolaborasi antara anggota yang seperti itu dan anggota yang masih duduk di bangku sekolah atau kuliah menjadi penting,” terangnya.

Dalam urusan program, dia juga akan mengupayakan berbagai program yang sekiranya punya manfaat langsung kepada para pemuda dan masyarakat. Program layanan untuk para pemuda yang memiliki masalah di dunia pendidikan, ekonomi dan sebagainya akan dibuat.

“Di samping itu, saya juga berencana akan membuat atau menginisiasi layanan WA Center untuk mengakomodir keluhan-keluhan masyarakat yang perlu disampaikan kepada pemerintah desa,” kata Andri.

3 hal atau prioritas itu menurutnya bertujuan untuk membuktikan bahwa peran pemuda desa memang bisa konkret dan terlihat. Selama ini, masih banyak masyarakat yang mungkin menganggap peran anak-anak muda hanya sebelah mata. Sehingga dengan ini mudah-mudahan anggapan itu bisa tiada.

Beberapa hari yang lalu, Karang Taruna (Katar) Pawana Kubangdeleg memang baru menggelar Musyawarah Besar (Mubes) di Balai Desa Kubangdeleg, Jumat, (5/1/2024). Mubes tersebut membahas tentang pemilihan Ketua Karang Taruna, pembaharuan anggota dan penguatan organisasi.

Dalam pemilihan Ketua Karang Taruna, Andri Alfauzi terpilih menjadi Ketua Karang Taruna karena memperoleh suara terbanyak dari pemilih yang merupakan perwakilan anak-anak muda dari setiap Dusun di Desa Kubangdeleg.

Penulis: Ega Adriansyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *